Tata Cara Sholat Tasbih Sendiri 4 Rakaat Yang Benar Dan Bacaannya

Tata Cara Sholat Tasbih Sendiri 4 Rakaat Yang Benar Dan Bacaannya Sholat tabih adalah sholat sunnat yang didalamnya di perbanyak bacaan tasbih. Jadi perbedaan antara sholat sunnah biasa dengan sholat sunnah tasbih adalah terletak dari bacaan tasbih yang lebih banyak, sehingga dalam 4 raka'at yang dikerjakan itu bacaan tasbihnya berjumlah 300 tasbih.

Sebenarnaya sholat tasbih sangatlah dianjurkan dilakukan di malam hari, seminggu sekali, sebulan sekali, setahun sekali. karena pada dasarnya isi dalam sholat adalah berkomunikasi dengan Alloh, apalagi sholat tasbih yang waktunya lebih lama, jadi waktu kita mendekatkan diri kepada Allah SWT lebih panjang. Dan manfa'at sholat sunnah tasbih adalah lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. karena Memang melaksanakan sholat sangatlah susah karena sholat adalah salah satu acuan hidup.

Bahkan ada satu keterangan yang menerangkan bahwa baik dan tidaknya kehidupan seseorang tergantung pada sholatnya. jika sholatnya baik maka pasti kehidupannya juga baik, sebaliknya jika sholatnya tidak baik kehidupannya juga tidak baik. Untuk itu pada kesempatan kali kami akan menyajikan tata cara sholat tasbih menurut sunnah.



 Berikut tata caranya :

- Niat sholat tasbih bersamaan dengan takbiratul ihram
- Membaca doa iftitah lalu surat Alfatihah
- Kemudian membaca sebahagian surat dalam Al qur'an yang ada hubungannya dengan sholat tasbih yaitu surat Al hasyri, Shoff, Attaghoobun dan surat Alhadiid. Tapi bila tidak hafal bisa membaca surat  Al 'aadiyaat, Attakastsur Azzalzalah dan surat Al ikhlas.
- Lalu sebelum ruku' membaca ayat Al baqiyatussalihah sebanyak 15 kali.
-  Ruku dan membaca ayat Albaqiyatussalihah sebanyak 10 kali.
-  I'tidal sebanyak 10 kali.
- Sujud sebanyak 10 kali.
- Duduk diantara dua sujud 10 kali.
- Sujud kedua 10 kali.
- Duduk sebelum berdiri 10 kali.
- Maka jika dijumlah bacaan ayat Albaqiyatussalihah nya atau bacaan tasbihnya berjumlah 75 disetiap rakaat, dan jika dikali 4 maka jumlahnya 300.

NB : Ayat Albaqiyatussaliha atau tasbih adalah :

 سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله والله أكبر ولا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم

Nah itulah pembahasan tentang tata cara sholat tasbih yang bisa saya sajikan. Semoga kita senan tiasa melaksakannya dan lebih giat mendekatkan diri kepada Allah. Semoga bermanfa'at. Amiin