Contoh Teks Khutbah Jum'at Singkat Tentang Bulan Safar

Contoh Teks Khutbah Jum'at Singkat Tentang Bulan Safar Khutbah jumat yang baik adalah khutbah yang singkat, jangan terlalu panjang dan berlebihan, karena khutbah jum'at bebeda dengan pidato yang mana hal yang menjadi pokok dalam khutbah jumat adalah memberi wasit dengan taqwa.

Dan juga khutbah adalah satu diatara rukun jum'at yang harus dikerjakan pada saat kita sedang melaksanakan sholat jum'at, karena khutbah merupakan ganti dari dua rakaat sholat dhuhur, oleh karena itu harus kita usahakan 2 khutbah jumat lama waktunya sama dengan sholat dua rakaat.

Pada kesempatan kali ini insya allah saya akan memberi satu khutbah jumat singkat terbaru yang bersangkutan dengan bulan safar, atau dengan kata lain contoh khutbah jumat singkat tentang bulan safar, yang isinya tentang salahnya mempunyai anggapan tidak baik nikah dibulan safar.

Contoh Teks Khutbah Juma'at Singkat  Tentang Bulan Safar


Khutbah Kesatu :


الحمد لله الغفور الودود، الكريم المقصود، الملك المعبود قديم الوجود، المتعالي عن الأمثال والأشكال والجهات والحدود، لا يخفى عليه دبيب النملة السوداء في الليالي السود، ويسمع حس الدود في خلال العود، وتردد الأنفاس في الهبوط والصعود، القادر فما سواه فهو بقدرته الوجود، وبمشيئته تصاريف الأقدار.
واشهد إن لا اله إلا الله, وحده لا شريك له, له الملك, وله الحمد وهو علي كل شيء قدير شهادة أدخرها عنده ليوم اللقاء
وأشهد أن سيدنا وحبيبنا وشفيعنا محمد عبد الله ورسوله وصفيه من خلقه وحبيبه

Bulan safar disebut safarul khair, yang artinya safar yang baik,masih ada sebahagian orang awam yang mempunyai pandangan bahwa bulan safar itu bulan sial, tidak berani nikah atau menikahkan dibulan safar. Padahal Nabi Muhammad Saw pernah menikah dibulan safar, dan beliau menikahkan sayyidan Ali pada siti fatimah radiallahu anhuma dibulan safar sama sekali tidak sial akan tetapi malah mendapat berkah yang luar biasa, yang mana keturunan sayyidina ali dan siti fatimah adalah orang yang sholeh menyebar dimana mana dari jaman dahulu sampai sekarang para habaib dan syarifah menjadi tokoh terhormat dalam bidang agama, politik, sosial dan lain sebagainya.

Selaku khatib saya mengajak ayo kita tingkatkan taqwa dengan ilmu jangan hanya sekedar berita. Imam ghozali menegaskan dalam kitab ihya ulumuddin dalam bab nikah " Afdholnya nikah itu dibulan sawalatau bulan safar dihari juma'at pagi seperti yang dicontohkan Rasul Saw dalam pernikahan beliau. Insya Allah akan mendapat berkah karena mengikuti sunnah beliau. Dan jangan banyak perhitungan yang tidak jelas seperti para sesepuh jahiliyyah.

Jemaah Ahli Jum'at Rahimakumullah..!!

Ada satu sabda Rasul Saw tentang nikah yang artinya " Nikah itu adalah sunnatku, siapa saja yang tidak suka akan sunnatku, maka dia bukan sebahagian dari kaumku(yang baik)"

Pada jaman ini ada gejala dan beberapa tanda remaja pada jaman sekarang yang berfikiran merasa malas melaksanakan pernikahan, ada yang beralasan ekonomi juga ada yang beralasan karena kejiwaan. Dan juga tidak sedikit yang sudah mampu buat biaya sehari hari akan tetapi tidak mampu melaksanakan pernikahan karena ukuran biaya yang terhitung besar menurut mereka dan orang tua mereka. Hal ini garus kita sederhanakan, karena biaya nikah yang sangat perlu hanyalah mas kawin dan ipekah, sedangkan yang lainnya bisa kita atur dan kita sederhanakan. Malah mahar (mas kawin) juga sesuai anjuran Rasul saw supaya ringan, karena beliau bersabda " Perempuan yang paling banyak berkahnya adalah perempuan yang paling sedikit mas kawinnya.

Alangkah baiknya jika para tokoh masyarakat memberi contoh kesederhanaan dalam hal pernikahan agar menjadi contoh untuk semuanya. Karena jika para remaja sungkan untuk melakukan pernikahan dan pergaulan bebas ini bisa mendorong ruksaknya moral dan akibatnya banyak anak yang lahir diluar pernikahan, Na'udzubillahi mindzalik, dan banyaknya anak jinah itu adalah salah satu tanda kiamat sudah dekat.

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
 وَلَهَدَيْنَاهُمْ صِرَاطًا مُسْتَقِيمًا (٦٨) وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَالرَّسُولَ فَأُولَئِكَ مَعَ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّينَ وَالصِّدِّيقِينَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِينَ وَحَسُنَ أُولَئِكَ رَفِيقًا
بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ
الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرّحِيْمِ

Mungin itulah contoh teks khutbah jumat yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini, semoga artikel diatas bermanfaat bagi kita semua, dan jangan lupa untuk mengerjakan sholat tahajud pada malam jum'atnya, agar hidup kita lebih berkah.