Bacaan Doa Anak Sholeh Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal

Bacaan Doa Anak Sholeh Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal Selalu mendoakan orang tua merupakan salah satu cara kita berbakti kepada orang tua, karena hanya dengan cara itulah kita bisa menjaga dan berharap orang tua kita senan tiasa ada dalam lindungan dan rahmat dari Allah SWT, memang banyak cara lain untuk kita berbakti kepadaorang tua, tapi dikala kita mereka jauh dari pandangan dan jangkauan tangan kita, hanya doa yang bisa kita lakukan.

Dengan doa anak sholeh untuk orang tua lah yang menjadi ciri untuk anak yang disebut sholeh, karena sebagaimana Rasul bersabda, jika kita ingin menghormati makhluk maka orang tualah yang pertama kali berhak mendapat penghormatan kita, dan tentu saja setelah kita mendoakan untuk kebaikan diri kita sendiri maka selanjutnya yang berhak mendapat doa kita adalah orang tua kita.

Karena tidak akan terhitung jasa mereka terhadapa kita, mulai dari ibu mengandung 9 bulan sampai membesarkan merawat sepenuh dan mendidik kita dengan berbagai cara mulai dari mengajarkan kita doa anak sholeh, memasukan kita ketempat pendidikan, memperhatikan tentang diri kita sedetail mungkin bahkan mereka rela berkorban untuk kita dan terkadang mereka lupa pada diri merekasendiri demi kita.

Bacaan Doa Anak Sholeh Dan Pintar Untuk Orang Tua Dan Saudaranya Lengkap


Dan sebagai seorang anak tidak akan bisa untuk membayar jasa yang telah telah  mereka berikan kepada kita selain kita menjadi anak sholeh dan sholehah yang selalu berbakti kepada mereka dengan berbagai cara, seperti berkelakuan baik, sopan santun, tidak melawan jika diperintah dan selalu mendoakan mereka setiap selesai dari sholat fardhu, setelah doa sholat tahajud dan setelah sholat dhuha.

Dan dibawah ini saya tuliskan satu diatara banyak doa anak memohon ampunan untuk kedua orang tua dan saudaranya.

 اَللهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، َاْلاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

ALLAAHUMMAGHFIRLII DZUNUUBII WALIWAALIDAYYA WARHAMHUMAA KAMAA ROBBAYAANII SHOGHIIRON. WALIJAMII'IL MUSLIMIINA WALMUSLIMAATI, WALMU'MINIINA WAL MU'MINAATI AL AHYAA'I MINHUM WAL AMWAATI, WATAABI' BAINANAA WA BAINAHUM BIL KHOIRAATI, ROBBIGHFIR WARHAM WA ANNTA KHOIRUR RAAHIMIINA, WALAA HAULA WALAA QUWWATA ILLAA BILLAAHIL 'ALIYYIL ADHIIMI.

Artinya : Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya itu sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu.

Doa untuk orang tua yang sudah meninggal

 اَللهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارًاخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلاً خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَاَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَاَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ. اَللهُمَّ اغْفِرْ لِحَيِّنَا وَمَيِّتِنَا وَشَاهِدِنَا وَغَائِبِنَا وَصَغِيْرَنَا وَكَبِيْرَنَا وَذَكَرِنَا وَاُنْثَانَا. اَللهُمَّ مَنْ اَحْيَيْتَهُ مِنَّا فَاَحْيِهِ عَلَى اْلاِسْلاَمِ وَمَنْ تَوَفَّيْتَهُ مِنَّا فَتَوَفَّهُ عَلَى اْلاِيْمَانِ. اَللهُمَّ لاَتَحْرِمْنَا اَجْرَهُ وَلاَتُضِلَّنَا بَعْدَهُ بِرَحْمَتِكَ يَآاَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

Artinya : Wahai Allah, ampunilahrahmatailah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilan rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta suami (istri) yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia kedalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan dari siksa api neraka. Wahai Allah berikanlah ampun, kami yang masih hidup dan kami yang telah meninggal dunia, kami yang hadir, kami yang ghoib, kami yang kecil-kecil kami yang dewasa, kami yang pria maupun wanita. Wahai Allah, siapapun yang Engkau hidupkan dari kami, maka hidupkanlah dalam keadaan iman. Wahai Allah janganlah Engkau menghalangi kami, akan pahala beramal kepadanya dan janganlah Engkau menyesatkan kami sepeninggal dia dengan mendapat rahmat-Mu wahai Tuhan lebih belas kasihan. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.

Doa yang kedua selain bisa jadi doa untuk orang tua yang sudah meninggal, juga bisa dibaca ketika kita mendoakan khusus bagi mayit. Dan doa diatas hanyalah satu doa dari sekian banyak doa untuk kebaikan orang tua, namun jika kita tidak bisa hafal bacaan doanya kita bisa langsung saja memanjatkan doa kita dengan bahasa yang kita faham seperti yang sering dilakukan artis di film film dan sinetron.