Pengertian Makna Hikmah Dan Hukum Sholat Idul Fitri

Pengertian Makna Hikmah Dan Hukum Sholat Idul Fitri Hari raya idul fitri adalah satu dari dua hari raya bagi umat islam sedunia tanpa terkecuali, apapun golongannya, diamanapun daerahnya yang penting masih berada dalam naungan agama yang benar yang dibawakan oleh Rasul kita yaitu Nabi Muhammad Saw, pasti hari raya nya adalah idul fitri dan idul adha.

Setiap kali kita mendengar kata idul fitri, pasti identiknya dengan baju baru, uang banyak, mudik dan masih banyak lagi, karena hari ini merupakan hari kemenangan. Karena pada hari ini semua orang di dunia merasakan kebahagiaan kesenangan mulai dari anak anak, remaja dan para orang tua juga merasakan kebahagiaan yang penuh karena bisa di jumpai oleh anak anak yang sudah berkeluarga.

Pada hari raya idul fitri banyak sekali acara yang biasa dilakukan dan menjadi suatu tradisi di beberapa daerah seperti melakukan makan bersama keluarga besar, sungkem halal bihalal menjadi suatu tradisi umat islam diseluruh dunia. Karena memang dihari raya ini kita kembali ke fitrah atau bersih seperti anak yang baru lahir, karena ada satu keterangan hadist yang berbunnyi :

Pengertian Makna Hikmah Dan Hukum Sholat Idul Fitri


عن أَبن مسعود رضي الله عنه عن النبي عليه الصلا ة وَلسلام أَنه قال اذَ ا صاموا شهر رمضان وخرجوا الى عيدهم يقول الله تعالى يا ملـئكتى كل عامل يطلب اجره وعبادى اللذين صاموا شهرهم وخرجوا الى عيدهم يطلبون اجورهم اشهدوا أنى قد غفرت لهم ، فينادى مناد يا امة محمد ارجعوا الى منازلكم قد بدلت سيئاتكم بالحسنات، فيقول الله تعالى يا عبادى صمتم لى وافطرتم لى فقوموا مغفورا لكم

Dari ibni mas'ud r.a ,dari Nabi SAW sesungguhnya nabi bersabda : tetkala umat nabi malaksanakan puasa romadhon dan mereka keluar untuk melaksanakan sholat 'ied,maka allah berfirman : wahai malaikatku,setiap yang telah bekerja mendapatkan upahnya,Dan hamba-hambaku yang melaksanakan puasa romadhon dan keluar rumah untuk melaksanakan sholat 'ied dan memohon upah/ganjaran mereka, maka saksikanlah bahwa sesungguhnya aku telah memaafkan mereka,maka tersuara : Wahai umat muhammad,kembalilah kalian ke rumah-rumah kalian , aku telah menggantikan keburukan kalian dengan kebaikan , maka Allah berfirman : Wahai hamba-hambaku,kalian berpuasa untukku dan berbuka untukku maka tegaklah kalian dengan mendapat ampunanku terhadap kalian

Dan ada juga yang beranggapan bahwa hari raya idul fitri adalah hari raya mudik, karena memang masyarakat indonesia banyak yang melakukan rantau keluar daerah khususnya ke ibukota jakarta, jadi ketika hari raya tiba menjadi satu kesempatan kembali ke daerah masing masing untuk berkumpul bersama keluarga dihari raya idul fitri.

Akan tetapi sebenarnya ada beberapa hikmah dan makna idul fitri yang tersimpan dihari yang penuh dengan kebahagiaan ini. Berikut silahkan simak.

1. Hikmah Ketauhidan, Keimanan dan Ketaqwaan
Disunnahkan ketika kita menyambut idul fitri untuk mengumandangkan takbir, tasbih, tahmid dan tahlil sebagai penegasan dan pembaruan iman dan tauhid. Dan bacaan diatas menjadi suatu penguat bagi kita ketika hari raya idul fitri tiba, karena tidak sedikit dari umat islam yang malah lalai dan lupa akan berdzikir mengingat Allah.

2. Hikmah Kegembiraan dan Kesyukuran.


Ketika tiba hari raya idul fitri kita disunnahkan untuk berbahagia, dan berduka cita karena memang makna dari kata idul ''ied'' itu sendiri adalah hari perayaan yang harus dirayakan yang sudah pasti perayaan haruslah disambut dengan bahagia dan gemmbira.

3. Hikmah Kefitrahan
Dengan datangnya hari raya idul fitri semua umat islam kembali ke fitrah, karena selain kita sudah melebur dosa kita dengan mengerjakan puasa ramadhan dan ibadaha sunnah lainnya selama satu bulan penuh dan diakhiri dengan mengumandangkan takbir pada malam hari raya. Dan pada kesempatan setelah sholat hari raya kita mengerjakan salam salaman kesemua masyarakat untuk saling memaafkan dari semua dosa yang pernah kita lakukan baik disengaja maupun tidak.

4. Peduli Kepada Sesama Manusia.
Tidak semua orang bisa menjalani hari raya idul fitri ini dengan suasana yang meriah karena ketebaasan harta, jadi pada hari ini disunnahkan bagi yang mampu dan mempunyai harta lebih untuk bershodkoh dan infak kepada sesama umat islam yang kurang mampu.

Semoga sedikit coretan saya diatas bisa bermanfaat bagi kita semua, juga kita sebagai umat muslim bisa menjalankan hari raya idul fitri ahun ini dengan sebaik baiknya. Amiin
Baca juga : niat sholat ied