Doa Ziarah Kubur Ke Makam Orang Tua, Wali Yang Benar Shahih Lengkap Bahasa Arab

Doa Ziarah Kubur Ke Makam Orang Tua, Wali Yang Benar Shahih Lengkap Bahasa Arab Mengerjakan ziarah kubur adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan oleh baginda Rasul Saw, karena dengan kita berkunjung ke kuburan akan mengingatkan kita akan kematian yang pasti akan terjadi kepada, dan yang selalukita abaikan karena terlalu sibuk mengurus urasan duniawi. Apalagi jika kita ziarah ke makam orang tua kita seperti ayah atau ibu, selain kita mengingat mati, kita juga bisa mendoakan mereka.

Dan sudah menjadi kebiasaan di masyarakat kita di setiap sebelum memasuki bulan puasa dan setelah mengerjakan sholat ied selalu mengerjakan ziarah kubur ke makam orang tua dan kerabat yang sudah meninggal. Mungkin salah satu alasanya adalah agar mereka yang sudah meninggal ikut merasa senang.

Tapi sebenarnya untuk mengerjakan ziarah kubur ini bukan hanya satu tahun sekali di setiap lebaran idul fitri, kita juga disunnahkan mengerjakan ziarah kubur paling minimal satu minggu sekali di setiap malam jumat atau siang setelah shola jumat. Adapun dalil yang menjelaskan kesunnahan melakukan ziarah kubur adalah :

Doa Ziarah Kubur Ke Makam Orang Tua, Wali Yang Benar Shahih Lengkap Bahasa Arab


 إِنِّي كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُورِ فَزُورُوهَا فَإِنَّهَا تُذَكِّرُكُمُ الْآخِرَةَ

Dulu aku pernah melarang kalian berziarah kubur, sekarang berziarahlah kalian ke kuburan karena itu akan mengingatkan kalian kepada akhirat.” (HR. Muslim dari Buraidah bin Hushaib)

Dan pada kesempatan kali ini insya Allah saya akan menjelaskan sedikit tata cara dan doa ziarah kubur ke makam orang tua dan wali sesuai tununan Rasulullah Saw.

1. Ketika kita tiba di depan kuburan disunnahkan membaca doa, berikut bacaannya :


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُسْلِمِيْنَ، وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لاَحِقُوْنَ [وَيَرْحَمُ اللهُ الْمُسْتَقْدِمِيْنَ مِنَّا وَالْمُسْتَأْخِرِيْنَ] أَسْأَلُ اللهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ.

Semoga kesejahteraan untukmu, wahai penduduk kampung (Barzakh) dari orang-orang mukmin dan muslim. Sesungguhnya kami –insya Allah- akan menyusulkan, kami mohon kepada Allah untuk kami dan kamu, agar diberi keselamatan (dari apa yang tidak diinginkan).

2. Membaca tawasul, dan untuk bacaannya bisa anda lihat di majmu.

3. Membaca doa berikut ini (3 kali):

اَللَّهُمَّ اِنِّي اَسْئَلُكَ بِحَقِّ مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ اَنْ لاَتُعَذِّبَ هَذَا الْمَيِّتِ

''Allâhumma innî as-aluka bihaqqi Muhammadin wa âli Muhammad an lâ tu’adzdziba hâdzal may¬yit.''
Ya Allah, aku memohon pada-Mu dengan hak Muhammad dan keluarga Muhammad janganlah azab penghuni kubur ini.

Meletakkan tangan di kuburannya sambil membaca doa berikut:

اَللَّهُمَّ ارْحَمْ غُرْبَتَهُ، وَصِلْ وَحْدَتَهُ، وَاَنِسْ وَحْشَتَهُ، وَاَمِنْ رَوْعَتَهُ، وَاَسْكِنْ اِلَيْهِ مِنْ رَحْمَتِكَ يَسْـتَغْنِي بِهَا عَنْ رَحْمَةٍ مِنْ سِوَاكَ، وَاَلْحِقْهُ بِمَنْ كَانَ يَتَوَلاَّهُ

''Allâhumarham ghurbatahu, wa shil wahdatahu, wa anis wahsyatahu, wa amin raw‘atahu, wa askin ilayhi min rahmatika yastaghnî bihâ ‘an rahmatin min siwâka, wa alhiqhu biman kâma yatawallâhu.''

Ya Allah, kasihi keterasingannya, sambungkan kesendiriannya, hiburlah kesepiannya, tenteramkan kekhawatirannya, tenangkan ia dengan rahmat-Mu yang dengannya tidak membutuhkan kasih sayang dari selain-Mu, dan susulkan ia kepada orang yang ia cintai.

4. Lalu kemudian membaca doa berikut sebelum menutupnya dengan bacaan surat Al fatihah

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ [وَعَذَابِ النَّارِ]

“Ya Allah! Ampunilah dia (mayat) berilah rahmat kepadanya, selamatkanlah dia (dari beberapa hal yang tidak disukai), maafkanlah dia dan tempatkanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga (atau istri di Surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka.”

Mungkin itulah sedikit coretan dari saya tentang doa ziarah kubur yang saya bagikan pada pembaca sekalian, mohon maaf bila ada kesalahan dari penulisan dan rincian caranya. Dan semoga coretan saya diatas bermanfaat bagi kita semua. Amiin