Bacaan Doa Niat Puasa Ramadhan Satu Bulan Penuh Tulisan Arab, Latin Dan Artinya

Bacaan Niat Puasa Ramadhan Satu Bulan Penuh Tulisan Arab, Latin Dan Artinya Tak terasa waktu bergulir begitu cepat sehingga sebentar lagi kita akan menghadapi bulan suci ramadhan 1444 hijriyyah yang bertepatan dengan 2023 masehi, yang mana di bulan suci ini kita di wajibkan berpuasa 1 bulan penuh. Nah selagi ada waktu mari kita berlatih melaksanakan puasa.

Selalu ada moment yang indah dan sulit untuk dilupakan di setiap tahunnya, seperti kita selalu menyempatkan berbuka puasa secara raamai ramai dengan teman sekolah, keluarga besar, rekan kantor dan bahkan dengan kerabat yang sudah lama tidak bertemu. Dengan adanya bulan yang suci ini kita jadi bisa bertatap muka kembali dan bisa silaturrahim dengan mereka. Dan itulah salah satu bukti keagungan bulan suci ini, disamping berlipat gandanya pahala amal yang kita kerjakan seperti sholat tahajud dan yang lainnya.

Melaksanakan puasa dengan bersungguh sungguh dan sempurna sebulan penuh tentu sangatlah sulit bagi kita kaum awam, namun perihal pahala puasa tak ada yang tahu. Hanya Allah yang maha pengasih dan pemurah yang tahu sah dan tidaknya puasa kita. Seperti halnya kita mengerjakan sholat hajat, kita harus bersungguh sungguh agar doa kita terkabul.

Bacaan Niat Puasa Ramadhan Tulisan Arab, Latin Dan Artinya Yang Benar


Kita tahu bahwa melaksanakan puasa harus dibarengi dengan niat yang baik dan benar, karena apabila suatu ibadah tidak memakai niat, maka ibadah itu akan sia sia, seperti sabda Nabi SAW: Sesungguhnya semua amal itu (sah atau tidaknya) tergantung pada niat melakukannya dan setiap orang hanya akan mendapat sesuai apa yang ia niatkan.

Niat ini biasa dilakukan pada setelah melaksanakan sholat tarawih atau setelah usai menyantap sahur. Akan tetapi membaca niat puasa untuk satu bulan penuh tidaklah cukup, karena tidak bisa satu kali niat untu 30 hari puasa. Adapun ada yang berpendapat bisa, itu hanya untuk niat hari pertama saja juga memenuhi jika kedepannya kita lupa membaca niat. Dan inilah Niat puasa ramadhan yang benar :

Niat Bahasa Arab : 

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

 Dalam Bahasa Latin : Sesungguhnya semua amal itu (sah atau tidaknya) tergantung pada niat melakukannya dan setiap orang hanya akan mendapat sesuai apa yang ia niatkan

Artinya : “Aku berniat puasa esok hari menunaikan kewajiban Ramadhan tahun ini karena Allah Taala.”

Itulah sekilas artikel saya tentang niat puasa ramadhan yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini, semoga artikel ini bisa membantu pembaca yang belum mengetahui bacaan niatnya dan semoga amal yang kita lakukan pada bulan ramadhan ini bisa terkabul.