Lafaz Niat Puasa Nadzar Selepas Subuh Di Pagi Hari Bahasa Indonesia

Niat Puasa Nadzar Selepas Subuh Di Pagi Hari Nadzar secara bahasa adalah janji secara mutlak baik itu berupa perbuatan baik ataupun buruk. Sedangkan menurut syara’ ialah sesuatu yang mewajibkan diri untuk melaksanakan suatu qurbah (ibadah) yang bukan fardhu ‘ain dengan sighat tertentu. Nadzar hanya berlaku pada ibadah sunnah (seperti shalat/puasa sunnah) atau fardhu kifayah (seperti shalat jenazah, jihad fi sabilillah, dll), sehingga tidak sah nadzar pada ibadah fardhu ‘ain (seperti shalat 5 waktu, puasa ramadhan, dll) atau yang bukan ibadah, baik pekerjaan mubah (seperti makan, tidur,dll), makruh (seperti puasa dahr bagi orang yang khawatir sakit) ataupun haram (seperti minum khomr, berjudi, dll).

Nadzar juga terbagi menjadi dua bagian yaitu :

1. Nadzar tabarrur:
Yaitu : nadzar yang tidak digantungkan dengan sesuatu apapun atau digantungkan dengan sesuatu yang disukai. Misalnya pertama : “aku nadzar puasa hari senin dan kamis” , contoh kedua : “ jika aku sembuh dari penyakitku, maka aku akan bersedekah”

2. Nadzar lajaj

Yaitu : nadzar yang berbentuk anjuran pada diri sendiri untuk melakukan sesuatu, atau pencegahan dari melakukan sesuatu atau karena marah dengan mewajibkan pada dirinya untuk melakukan sesuatu. Misalnya : pernyataan “jika aku melakukan hal itu lagi, maka aku akan niat puasa senin kamis satu hari”, dalam pernyataannya “jika aku melakukan hal itu lagi” bisa karena didasari marah kepadanya, atau ingin mencegah dirinya dari berbicara dengannya atau hanya karena ingin mendorong dirinya untuk berpuasa.

Niat Puasa Nadzar Selepas Subuh Di Pagi Hari Bahasa Indonesia


Melaksanakan apa yang sudah kita nadzarkan wajib hukumnya, jadi jika kira kita kita tidak sanggup untuk melakukannya, sebaiknya kita jauh juah dari kata nadzar, memang benar baik jika jadi melaksanakan ibadah, namun jika kita tidak mampu hanya akan membebani diri kita dengan dosa. Dan hanya satu trik yang bisa kita lakukan agar kita terhindar, yaitu menahan emosi kita.

Baiklah dibaawah ini adalah niat puasa nadzar arab dan artinya :


Artinya : ''Aku niat berpuasa karena Allah SWT''

Itulah sekilas penjelasan niat puasa nadzar yang bisa saya berikan, namun mohon maaf jika ada salah kata atau penjelasan juga tulisan yang kurang tepat, saya manusia biasa yang bisa salah, jadi dengan senang hati saya harap pembaca mau membenarkannya.