Bacaan Doa Niat Sholat Tahajud Yang Benar Lengkap Arab, Latin Dan Artinya

Bacaan Niat Sholat Tahajud Yang Benar Bahasa Arab Dan Artinya Sholat Tahajud adalah sholat yang dikerjakan saat malam hari setelah tidur, walaupun hanya tidur sebentar. Sesuai dengan makna dari kata “Tahajjud” yang artinya “bagun dari tidur”. Jadi syarat utama melakukan sholat tahajud adalah setalah tidur terlebih dulu, meskipun hanya tidur sebentar. Hukum mengerjakan sholat tahajud itu sendiri merupakan sunnah mu’akkad, yang berarti sangat dianjurkan. Karena menurut hadist Nabi SAW, sholat yang paling utama dikerjakan setelah sholat fardhu ialah sholat tahajud.

 Dan untuk bilangan sholat tahajud itu sendiri bisa 2 rakaat, 4 rakaat, akan tetapi jika dikerjakan lebih banyak rakaatnya adalah yang  sangat dianjurkan. Karena baginda Rasulullah SAW sangat menganjurkan kepada umatnya untuk senan tiasa melaksanakan sholat tahajud Sholat tasbih, doa Sholat dhuha dan ibadah lainya, bahkan ada riwayat mengatakan sampai kaki beliau bengkak. Tapi akan lebih baik jika setelah sholat tahajud diteruskan pada sholat witir sebagai penutup. Dan hendaknya sholat tahajud ini dikerjakan dengan 2 rakaat 1 kali salam.

 Dan untuk cara pelaksanaan sholat tahajud ini sendiri sama persis dengan cara sholat sunnah yang lainnya baik dalam bacaan maupun gerakannya. Yang beda hanyalah waktu dan niatnya saja.

Bacaan Niat Sholat Tahajud Yang Benar Dan Lengkap Beserta Artinya

Berikut ini kata niatnya :

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

  “USHALLIISUNNATATTAHAJJUDI RAK’ATAINI LILLAAHI TA’AALAA”

Artinya: (di dalam hati pada saat takbjratul ihram).
“Aku (niat). shalat sunat tahajud 2 rakaat, karena Allah Ta’ala”

 Dan harus diingat bahwa tempat niat adalah dalam hati, bukan di lisan. akan tetapi mengucapkan niat dengan lisan hukumnya sunnah, guna untuk membantu memfokuskan hati. Dan sebisa mungkin niat dalam hati harus pas dengan Takbiratul ihram.

Demikian artikel tentang niat sholat tahajud yang dapat saya sampaikan pada anda, semoga banyak manfaat bagi siapa saja yang pernah singgah ke blog saya.