Bacaan Doa Setelah Sholat Tarawih Lengkap Arab, Latin Dan Artinya

Bacaan Doa Setelah Sholat Tarawih Lengkap Arab, Latin Dan Artinya Sholat tarawih adalah satu satunya sholat sunnah yang hanya dikerjakan di bulan ramadhan, untuk bilangan rakaat masyarakat indonesia mempunyai dua faham, yaitu ada yang berkeyakinan bahwa bilangannya ada 20 rakaat, dan juga ada yang suka melaksanannya hanya 11 rakaat.

Bilangan diatas sudah termasuk sholat sunnah witir sebanyak 3 rakaat. Dan untuk waktunya adalah setelah sholat isya baik langsung atau diakhirkan, seperti selepas tengah malam. Sudah menjadi kebiasaan umat islam sedunia, mengerjakannya dengan cara berjamaah. Dan yang pertama melaksakan sholat tarawih berjamaah adalah khalifah sayyidina Umar RA.

Sebenarnya Rasulullah SAW tidak mengerjakan sholat sunnah di bulan ramadhan ini dengan cara berjamaah, dengan alasan kalau beliau takut umat mengannggap sholat tarawih ini hukumnya fardhu. Namun ketika sayyidina umar melaksanakan sholat ini dengan cara berjamaah bersama umat di mesjid, sahabat yang lain setuju dan tidak protes.

Bacaan Doa Kamilin Setelah Sholat Tarawih Sesuai Sunnah Bahasa Arab, Latin Dan Artinya

Karena memang semakin lama jarak dari perginya Rasulullah SAW keimanan umat semakin menipis, jadi tidak diragukan lagi melaksanakan sholat tarawih dengan cara berjamaah di mesjid sangat baik dan efektif bagi keadaan umat, apalgi jika kita melihat keadaan umta islam dijaman sekarang, sangat menghawatirkan.

Jadi benar terlihat jelas waktu masa kejayaan umat islam dijaman Rasul, dikala para sahabat bergembira, namnun Rasul sebaliknya, beliau malah bersedih, dan ketika ditanya alasannya, beliau menjawab, Aku Hawatir Akan Umatku Kelak Diakhir Jaman.

Dan jika kita meninjau dari arti kata tarawih adalah [istirahat]. Kita bisa memahami bahwa sebenarnya sholat sunnah tarawih ini dikerjakan dengan santai dan alon. Tapi jaman sekarang malah sebaliknya, hampir disemua mesjid di indonesia malah berlomba keceatan waktunya. Malah ada yang mempublikasikan sholat tarawih tercepat yaitu hanya memerlukan waktu 7 menit untuk sholat 23 rakaat. Ini merupakan salah satu contoh yang tidak baik bagi umat yang tingkat keimanannya sudah semakin menipis.

Nah baiklah pada kesempatan kali ini setelah sebelumnya menjelaskan niat sholat tarawih, saya akan memberikan bacaan doa kamilin atau doa setelah sholat tarawih. bagi yang belum mengetahuinya bisa anda lihat dibawah ini.

Doa Kamilin Setelah Sholat Tarawih

اَللهُمَّ اجْعَلْنَا بِالْاِيْمَانِ كَامِلِيْنَ. وَلِلْفَرَائِضِ مُؤَدِّيْنَ. وَلِلصَّلاَةِ حَافِظِيْنَ. وَلِلزَّكَاةِ فَاعِلِيْنَ. وَلِمَا عِنْدَكَ طَالِبِيْنَ. وَلِعَفْوِكَ رَاجِيْنَ. وَبِالْهُدَى مُتَمَسِّكِيْنَ. وَعَنِ الَّلغْوِ مُعْرِضِيْنَ. وَفِى الدُّنْيَا زَاهِدِيْنَ. وَفِى اْلآخِرَةِ رَاغِبِيْنَ. وَبَالْقَضَاءِ رَاضِيْنَ. وَلِلنَّعْمَاءِ شَاكِرِيْنَ. وَعَلَى الْبَلاَءِ صَابِرِيْنَ. وَتَحْتَ لَوَاءِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ سَائِرِيْنَ وَاِلَى الْحَوْضِ وَارِدِيْنَ. وَاِلَى الْجَنَّةِ دَاخِلِيْنَ. وَمِنَ النَّارِ نَاجِيْنَ. وَعَلى سَرِيْرِالْكَرَامَةِ قَاعِدِيْنَ. وَمِنْ حُوْرٍعِيْنٍ مُتَزَوِّجِيْنَ. وَمِنْ سُنْدُسٍ وَاِسْتَبْرَقٍ وَدِيْبَاجٍ مُتَلَبِّسِيْنَ. وَمِنْ طَعَامِ الْجَنَّةِ آكِلِيْنَ. وَمِنْ لَبَنٍ وَعَسَلٍ مُصَفًّى شَارِبِيْنَ. بِاَكْوَابٍ وَّاَبَارِيْقَ وَكَأْسٍ مِّنْ مَعِيْن. مَعَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَآءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَحَسُنَ اُولئِكَ رَفِيْقًا. ذلِكَ الْفَضْلُ مِنَ اللهِ وَكَفَى بِاللهِ عَلِيْمًا. اَللهُمَّ اجْعَلْنَا فِى هذِهِ اللَّيْلَةِ الشَّهْرِالشَّرِيْفَةِ الْمُبَارَكَةِ مِنَ السُّعَدَاءِ الْمَقْبُوْلِيْنَ. وَلاَتَجْعَلْنَا مِنَ اْلاَشْقِيَاءِ الْمَرْدُوْدِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِه وَصَحْبِه اَجْمَعِيْنَ. بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Sebaiknya kita menghafal doa sholat tarawih ini beserta artinya, karena jika kita tidak menghafalnya, maka sangat besar kemungkinan kita tidak akan khusu dan bersungguh sungguh ketika berdoa bersama imam. Dan hal yang seperti ini sangatlah dibenci oleh Allah dan Rasulnya. Semoga dengan adanya postingan yang sangat sederhana ini bisa membantu kita mendapatkan ridho dan ampunan dari Allah. Amiin