Bacaan Doa untuk Menghadapi Ujian Nasioanal Agar Lancar Dan Dimudahkan

Bacaan Doa untuk Menghadapi Ujian Nasioanal Agar Lancar Dan Dimudahkan Strategi Berhasil Belajar serta Unas. Hadapi ujian akhir nasional (UN) jadi suatu momok yang cukup menakutkan dan membuat beberapa siswa ataupun mahasiswa jadi kurang percaya diri. Berbagai usaha lantas dilaksanakan dari mulai usaha normal lewat belajar yang giat serta ikuti bimbel hingga ke beberapa hal berbau instan lewat klenik, jimat atau dukun.

Khusus siswa SMA/SMK maupun SMP Ujian Nasional menjadi beban berat bagi pertaruhan masa depan mereka karena nilai hasil UN merupakan pijakan dasar untuk melanjutkan ke bangku kuliah ataupun modal melamar kerja. Belum lagi syarat kelulusan yang ditetapkan pemerintah melalui kemendiknas yang berganti nama kembali menjadi kemendikbud menggunakan SNI 5,5. Artinya jika nilai rata-rata hasil UN dibawah standar para siswa terancam tidak lulus atau terpaksa mengambil ujian Paket C.

Seperti kita kenali bahwa ujian nasional kesempatan ini telah mengaplikasikan ujian berbasis computer, UN on-line. Walau infrastruktur IT untuk sekolah se-Indonesia masih tetap morat marit. jangankan infrastruktur TI, bangunan serta kelengkapan meja kursi ruangan kelas saja masih tetap sangatlah memprihatinkan. Inilah satu diantara dampak dari revolusi mental yang digembar gemborkan itu.

Bacaan Doa Menghadapi Ujian Nasioanal / UN Semester Agar Dimudahkan


Sesungguhnya, dampak dari revolusi yaitu ketidaksiapan individu hadapi pergantian yang amat cepat serta mencolok. walau sebenarnya bila beberapa siswa SMA/SMK serta SMP menyiapkan diri jauh-jauh hari saat sebelum proses UN pasti mereka akan tidak kasak kusuk searching mencari langkah gampang supaya lulus UN dengan baik. Tapi daripada itu akan sangat baik jika sebagai siswa lebih rajin mengerjakan sholat tahajud memohon untuk kelulusan dalam ujian. Berikut Doa sebelum menjelang ujian :

1.
اَللَّهُمَّ ارْزُ قْنَا حِفْظَ الْمُرْسَلِيْنَ. وَ اِلْهَامَ لْأَ نْبِيَاءِ٠ وَفَهْمَ لْأَ وْ لِيَاءِ. بِكَرَمِكَ يَا اَكْرَمَ ا لْأَ كْرَمِيْنَ٠ وَ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّا حِمِيْنَ .

Allaahummarzuqnaa hifzol mursaliin,wa ilhaamal Ambiyaa-i,wa fahmal awliyaa-i, bikaromika yaa Akromal Akromiin Wa birohmatika yaa Arhamarroohimiin.

Artinya : Yaa Allah berikanlah kami Ingatan / hapalan para Rasul, Ilham Para Nabi, Pemahaman Para Wali, dengan Kemuliaan-Mu Wahai Zat yang Maha Mulia dan dengan Rahmat-Mu Zat Yang Maha Pengasih dan Penyayang.

2.
اَللَّهُمَّ بِحُبِّ ذَا تِكَ تَحَصَّنَّ يَا اَللهُ. لاَاِلهَ اِلاَّ اللهُ سَيِّدِنَا مُحَمَّدُ رَّسُوْلُ اللهِ حَقًّا وَصِدْقًا

Allaahumma bihubbi Dzaa tika tahassonna Yaa Allah, Laa ilaaha Illallahu Sayyidinaa Muhammadurrosuulullaahi Haqqon Wa Sidqo.

Artinya : Yaa Allah...Dengan mencintai Zat Mu, Kuatkanlah kami Yaa Allah, Tiada Tuhan selain Allah, Nabi Muhammad Adalah Utusan Allah yang Benar dan Yang Haq.

3.
رَبِّ زِ دْ نِيْ عِلْمًا وَ رْ زُ قْنِى فَهْمًا. رَبِّ يَسِّرْ وَلاَ تُعَسِّرْ. رَبِّ تَمِّمْ بِالْخَيْرِ

Robbii Zidnii I’lman Warzuqnii ffahman

Artinya : Yaa Allah Tambahkanlah ilmuku dan Berikanlah aku pemahaman, Yaa Tuhanku Permudahlah dan Jangan Engkau persulit, dan Tuhanku sempurnakanlah (ilmuku) dengan kebaikan.

4.
اَللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً


ALLAAHUMMA LAA SAHLA ILLAA MAA JA’ALTAHU SAHLAN WA ANTA TAJ’ALUL HAZNA IDZAA SYI’TA SAHLAN.

Artinya :Ya Allah! Tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya.

5.
رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي, وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي, وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي, يَفْقَهُوا قَوْلِي

RABBISY-ROHLII SHADRII, WA YASSIRLII AMRII, WAHLUL ‘UQDATAM MILLISAANII, YAFQAHU QAULII

Artinya : Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.

Mungkin itulah Beberapa doa untuk ujian, semoga artikel ini bisa menjadi referensi dan menjadi manfaat bagi kita semua, terutama bagi anak anak sekolah yang akan menghadapi ujian.