Bacaan Niat Sholat Gerhana Bulan Atau Matahari Total Bahasa Arab Dan Latin

Bacaan Niat Sholat Gerhana Bulan Atau Matahari Total Bahasa Arab Dan Latin Terjadinya gerhana adalah suatu fenomena yang sangat langka terjadi, jadi wajar saja kalau banyak dari sebahagian orang di dunia ini yang hanya memanfaatkan keajaiban alam yang satu ini dengan cara hanya melihat dan bahkan merekam dirinya di depan kamera.

Namun bagi orang muslim yang sangat beriman dan taat kepada Allah memanfaatkan moment ini untuk mendekatkan diri kepada Allah dengan cara beribadah. Khususnya melaksanakan sholat sunnah 2 rakaat dan bersedekah sebagaimana anjuran Nabi Mhammad SAW kepada umatnya bilamana gerhana terjadi.

''Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda kekuasaan Allah SWT, maka apabila kalian melihat gerhana, maka berdoalah kepada Allah, lalu sholatlah sehingga hilang dari kalian gelap, dan bersedekahlah. '' (HR BUKHARI-MUSLIM)

Bacaan Niat Sholat Gerhana Bulan Atau Matahari Total Bahasa Arab Dan Latin


Seperti yang kita ketahui bahwa shalat gerhana terbagi menjadi dua, yaitu kusuf dan khusuf, Shalat kusuf dilakukan ketika terjadi gerhana matahari, yaitu kejadian dimana sinar matahari hilang karena terhalang oleh bulan yang melintas diantara bumi dan matahari. Dan khusuf adalah sholat yang dilakukan ketika terjadi Gerhana Bulan.

Dan dibawah ini adaah niat sholat kusuf dan khusuf bahasa arab dan latin :

Niat Shalat Kusuf bahasa Arab, Latin dan Artinya


أُصَلِّيْ سُنَّةَ لِكُسُوْفِ الشَّمسِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

USHALLII SUNNATAL KUSUUFIS-SYAMSI RAK’ATAINI LILLAHI TA’ALAA.

Artinya : Aku niat (melaksanakan) shalat sunnah Gerhana Matahari dua rakaat karena Allah ta’ala

Niat Shalat Khusuf bahasa Arab, Latin dan Artinya

أُصَلِّيْ سُنَّةَ لِخُسُوْفِ الْقَمَرِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

USHALLII SUNNATAL KHUSUUFIL-QOMARI RAK’ATAINI LILLAHI TA’ALAA
Artinya : Saya niat (melaksanakan) shalat sunnah Gerhana Bulan dua rakaat karena Allah ta’ala.

Mungkin itulah sekilas bahasan dari saya yang masih masih belajar untuk memahami ilmu agama yang tentutunya jauh dari kata sempurna. Mohon maaf bila ada kesalahan dengan hormat saya meminta anda sekalian berkenan membetulkan isi dari artikel ini tentang  Niat Shalat Gerhana apabila ada kesalahan.