Bacaan Doa Tata Cara Niat Puasa Sunnah Di Bulan Syawal

Bacaan Doa Tata Cara Niat Puasa Sunnah Di Bulan Syawal Puasa Syawal adalah salah satu dari sekian banyak puasa sunnah yang tentunya dikerjakan pada bulan setelah ramadhan, tepatnya sehari setelah lebaran  hari raya idul fitri, yang mana terdapat banyak hikmah dan keistimewaan apabila kita bisa melaksanakannya.

Mungkin sebahagian dari kita suka meresa aneh dikala tepat satu minggu setelah lebaran ada lagi takbiran, yang mana biasanya takbiran  hanya dilakukan pada dua malam hari raya yaitu idul fitri dan idul adha. Ada juga yang sudah biasa dan tak aneh lagi mendengarnya karena sudah mengetahui atau bahkan suka mengerjakan puasa 6 hari syawal disetiap tahunnya.

Puasa sunnah yang satu ini memang terasa sangat berat, mengingat sebelumnya kita sudah merayakan hari kemenangan, dan ucapan hari raya idul fitri masih terdengar di telinga kita. Apalagi bagi yang masih muda, karena pada saat saat ini suka digunakan untuk berpiknik ke tempat yang ramai dan godaanya adalah masih banyak makanan dirumah dari sisa sisa hari lebaran idul fitri.

Bacaan Doa Tata Cara Niat Puasa Sunnah Di Bulan Syawal

Akan tetapi kita tahu bahwa besar kecilnya  pahala ibadah yang kita kerjakan adalah tergantung berat dan tidaknya diri kita dalam melaksanakannya. Dan baiklah bagi pembaca yang belum mengetahui bacaan niatnya, dibawah ini saya sajikan lengkap beserta dalilnya. Silahkan disimak.

Niat Puasa 6 Hari Syawal

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ ِستَةٍ ِمنْ شَوَالٍ سُنَةً ِللَه تَعَالَي

NAWAITU SHOUMA GHODIN 'ANSITTATIN MIN SYAWAALI SUNNATAN LILLAAHI TA'ALAA

Artinya : Saya niat berpuasa sunnah enam haru bulan Syawal karena Allah

Dan berikut ini adalah beberapa hadist yang menerangkan keutamaan puasa 6 hari ini.

 من صام رمضان ثم أتبعه بست من شوال فكأنما صام الدهر كله

Artinya : Barangsiapa berpuasa Ramadhan kemudian diikuti dengan puasa 6 (enam) hari bulan Syawal, maka (pahalanya) seperti puasa satu tahun penuh. (HR. Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi dan Ibnu Majah)


جعل الله الحسنة بعشر أمثالها فشهر بعشرة أشهر وصيام ستة أيام تمام السنة

Artinya : Allah menjadikan kebaikan dengan 10 kali lipat. Maka satu bulan sama dengan 10 bulan. Dan puasa enam hari sama dengan setahun penuh. (HR. Nasa'i)

Mungkin inilah alasan dari rasa begitu beratnya kita mengerjakan puasa syawal, karena memang pahalanya juga sangat besar dan menjanjikan, bayangkan saja 6 hari puasa sama dengan kita puasa 1 tahun penuh. Dan juga kita menggabungkan niat puasa ini dengan puasa qadha/ganti. Sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Amiin