Bacaan Doa Buka Puasa Sunnah Senin Kemis Lengkap Arab, Latin Menurut Islam

Bacaan Doa Buka Puasa Sunnah Senin Kemis Lengkap Arab, Latin Menurut Islam, Indonesia dan Artinya&nbsp Puasa adalah salah satu ibadah yang hubungannya lansung dengan Allah dan biasa disebut dengan mahdloh dalam arti selain tidak membatalkan puasanya tidak ada yang tahu pasti diterima tidaknya puasa itu kecuali Allah. Memang menurut sebahagian ulama tasawuf, salah satu yang membtalkan puasa adalah melakukan maksiat.

Namun bagi kita umat islam yang kurang berwawasan tentang agama dan minim akan ilmu tentu sangatlah sulit bila kita melaksanakan puasa menurutkan ulama tasawuf tadi. Tapi justru disinilah letak perjuangan dan kesungguhan kita dalam melaksanakan satu satunya kewajiban dari yang maha kuasa yaitu Ibadah. Karena Allah berfirman, tidaklah aku menciptakan jin dan manusia hanya untuk ibadah, dan salah satunya adalah puasa dan sholat fardhu.

Sebelum menuju ke inti artikel ini, saya akan membahas sedikit tentang tingkatan puasa. Yaitu puasa uang biasa kita lakukan terbagi menjadi tiga tingkatan. Yaitu

1.Shoumul ‘awam (puasa golongan umum) yaitu puasanya orang yang menahan hawa nafsu dari makan-minum dan kemaluannya

2. Shoumul khawashi (puasa tingkatan khusus/istimewa) ya’ni puasanya orang-orang shalih dan matang dalam ilmu agamanya dimana mereka dapat menahan anggota tubuh dari segala macam dosa

3. Shoumul khawashil khawashi (puasa sangat istimewa) Ialah Puasanya orang yang menahan hati dari kemauan yang rendah dan dari pemikiran terhadap duniawi, dan menahannya juga pemikiran kepada selain Allah dengan secara keseluruhan. Dan ini adalah martabat puasanya para Nabi dan para Shiddiqiin.

Bacaan Doa Buka Puasa Sunnah Senin Kemis Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya


Bagaimana kita berada ditingkat berapa.? semoga dengan adanya pengetahuan tentang tingkatan puasa ini, kita menjadi lebih bersungguh sungguh dalam menjalankan niat puasa senin kamis. Sekarang kita ke inti artikel ini yakni bacaan doa buka puasa sunnah senin kamis. Silahkan disimak :

Bacaan dalam bahasa arab

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

Bacaan dalam bahasa latin dan artinya

"ALLOHUMMA LAKA SUMTU WA ‘ALA RIZQIKA AFTORTU DZAHABA DZOMA-U WAB’TALLATIL URUUQU WATSABATAL AJRU, INSYAA ALLAAH"

“Ya Alloh hanya untuk-Mu aku berpuasa dgn rezki-Mu aku berbuka. Telah sirna dahaga, urat-urat telah basah pahala telah tetap insya Alloh Ta’ala.”

Nah demikianlah sekilas tentang doa buka puasa senin kamis yang bisa saya bagikan, maaf bila ada kesalah dalam bahasa dan penulisannya, saya harap ada berkenan untuk memperbaikinya.

Sedikit tambahan bahwa puasa senin kamis ini bisa dilakukan di bulan apa saja, Kecuali pada hari tasyrik yaitu 1 Syawal dan 10 – 13 Dzulhijjah.